semua produk Samsung

Beli Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wi-Fi 16GB Silver online: Harga terbaik di Indonesia

Penawaran

Sort by:

Penjelasan

Galaxy Tab 2 7.0, Ukuran tanggung – Performa tidak nanggung

Table of Content:

Desain dan Penampilan Fisik Galaxy Tab 2 7.0: Serba Cukup

Samsung kembali mengeluarkan tablet Android dari keluarga Galaxy sebagai penerus Galaxy Tab 7.0 Plus. Mengusung nama Galaxy Tab 2 7.0 ternyata tidak membuat banyak perbedaan berarti dibandingkan versi sebelumnya. Walaupun tablet ini cukup ringan dengan dimensi 193.7 x 122.4 x 10.5 mm dan berat 344 gram, namun dari segi penampilan dan desain fisik tidak ada yang menjadikannya tampak lebih menarik, bahkan produk ini lebih tebal dari pendahulunya. Body dari tablet dengan layar 7 inch ini masih tetap terbuat dari plastik seperti halnya smartphone kebanyakan milik Samsung, tapi bagaimanapun tablet ini cukup enak digenggam dan solid dengan bahan titanium silver plastic yang melapisinya. Super PLS LCD dipakai sebagai bahan untuk layar sentuh Galaxy Tab 2 7.0. Layar sentuhnya termasuk terbilang sensitif dan kapasitif dalam menampilkan warna hingga 16M.
Beruntung tablet besutan Samsung ini telah menggunakan Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich, ya walaupun resolusi layar terbilang kecil yaitu 600 x 1240 pixel namun saya tetap bisa menemukan banyak keseruan dalam meng-explore berbagai layanan yang ditawarkan Google di Play Store miliknya dengan tampilan layar tablet yang cukup jernih. Terlebih lagi saat membuka beberapa aplikasi, melihat video dan foto, serta memainkan game menggunakan tablet ini, kejernihan layar ditampilkan dengan lumayan baik.


Fitur dan Performa yang ditawarkan terbilang cukup menarik

Selain OS yang dipakai telah diupdate dari seri sebelumnya, fitur dan performa yang ditawarkan tablet ini terbilang cukup menarik. Android ICS mengusung interface TouchWiz yang memungkinkan Anda melihat kerapihan tata letak aplikasi dan meletakkan MiniApps di bagian Homescreen dengan berbagai ukuran yang ditawarkan. Sayangnya processor yang dibenamkan di dalam tablet ini tidak cukup sebanding dengan ICS yang sebenarmya sangat bisa dieksplor kemampuannya, walaupun telah menggunakan Dual Core 1 GHz dengan RAM 1 GB namun seringkali terjadi lag dan aplikasi not responding beberapa kali, apalagi jika menggunakan live wallpaper. Sungguh sangat disarankan mengaplikasikan static wallpaper untuk tablet ini. Penyimpanan memorinya tergolong sedikit jika dibandingkan Galaxy Tab 7.0 Plus, disini Anda hanya mendapat jatah penyimpanan internal sebesar 8 GB. Dan faktanya internal memory yang bisa dipakai hanya 4,5 GB saja. Tetapi tenang, Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi yang support ke dalam external memory berupa microSD yang bisa mencapai hingga 32 GB. Selain itu juga ternyata Samsung membebaskan Anda untuk memilih tipe internal memory yang berbeda yaitu 8 GB atau 16 GB atau 32 GB. Jadi terserah kebutuhan Anda tentunya.
Untuk menikmati fasilitas internet, sebaiknya Anda men-download Adobe Flash terlebih dulu agar acara surfing internet Anda tidak terganggu. Disini Anda bisa melakukan zoom-in atau zoom out dengan melakukan pinch atau tap. Kecepatan koneksi internet tidak perlu terlalu diragukan karena dukungan jaringan HSDPA+ atau 4G, dimana gadget ini kompatibel pada jaringan provider GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan jaringan HSDPA 900 / 2100. Untuk simcard yang digunakan berupa mini SIM.
Untuk pengetikan teks pada sms atau note juga tidak mengalami kesulitan yang berarti karena tampilan virtual keyboard yang cukup nyaman untuk mengetik dalam posisi landscape atau portrait. Untuk emailing, tampilan email dibuat dalam dua kolom yang semakin memudahkan saya untuk mengirim atau menerima email, serta mengorganisir isi akun email saya. Beberapa aplikasi dari third-party turut menghiasi aplikasi yang ditawarkan tablet ini, seperti adanya Amazon Kindle, AllShare dan Peel Smart Remote App.


Dual kamera biasa saja, hasil video cukup mengejutkan

Di bagian depan Anda bisa mendapati kamera 0,3 MP yang bisa dipakai untuk video chat bersama sahabat atau kerabat, ya walaupun Anda tidak bisa terlalu berharap kejernihan video yang dihasilkan karena masih mengusung kamera VGA. Di bagian belakang terdapat kamera 3,2 MP tanpa LED flash light dan autofocus. Sangat standar memang. Terlebih lagi jika digunakan saat kurang cahaya, hasil foto yang ditampilkan sangat banyak noise dan warnanya tidak cerah sama sekali. Hal yang kontras ditunjukkan ketika device ini digunakan untuk merekam video, dengan resolusi 1280 x 720 pixel atau setara 720p HD, video yang dihasilkan ternyata jernih juga.


Tampilan music player dan speaker lumayan oke

Saat memutar musik melalui music player yang diusung oleh Galaxy Tab 2 7.0, saya tidak melihat perbedaan signifikan disbanding seri sebelumnya. Tampilannya memang lebih menarik karena dukungan Dual Core yang terpasang di dalam otak tablet ini, namun dari segi playlist terlihat biasa saja hampir sama seperti kebanyakan gadget Android lainnya. Ketika saya pergunakan untuk menyetel video melalui player, saya mendapatkan kesan cukup menarik dengan resolusi DivX 1920 x 1080 yang ditawarkan. Untuk speaker yang berada di bagian bawah tablet, suara musik yang dihasilkan lumayan oke untuk didengarkan. Dentumannya memang tidak terlalu terdengar menawan, tapi termasuk enak dipakai saat ingin mendengarkan musik.


Daya tahan baterai bisa diandalkan

Baterai yang tertanam di dalam Galaxy Tab 2 7.0 bisa diandalkan terutama bagi Anda yang suka travelling atau seringkali mobile. Daya tahan baterainya bisa mencapai hingga 3 hari setelah full of charge, dengan penggunaan multitasking, internet dan nyala layar yang hampir terus menerus. Dan saat penggunaan normal, baterainya mampu bertahan 1,5 hari jika di charge dengan penuh. Sangat menguntungkan bagi Anda yang sering lupa membawa charger tiap bepergian atau tidak menemukan aliran listrik saat travelling.


Galaxy Tab 2 7 . 0 bisa menjadi alternatif gadget saat bersantai

Gadget yang dirilis pada kuartal pertama 2012 ini awalnya dipatok dengan harga sekitar 4 jutaan Rupiah, namun jika Anda mau berkeliling dan membandingkan harga terlebih dahulu, bisa saja Anda mendapatkan gadget ini dengan harga miring hingga 3,5 juta Rupiah.
Sejatinya layar yang dipergunakan berukuran 7 inch membuat tablet ini termasuk mini dan tidak menggunakan banyak ruang penyimpanan di dalam tas Anda, sehingga cocok untuk dibawa saat bersantai sambil menikmati kegiatan browsing atau sekedar mendengarkan musik dan menyetel video. Terlebih lagi bentuknya yang simple dan ringan tentunya tidak membuat Anda ribet membawanya kemana-mana.
Namun bagi Anda yang lebih mementingkan fungsi suatu tablet PC sebagai bisnis atau apapun, ada baiknya Anda mencari tablet lainnya yang menawarkan banyak fungsi yang menarik dan sesuai kebutuhan Anda untuk mobile dan berbisnis. Tablet ini menurut saya tidak terlalu canggih dan kurang mumpuni dalam mengolah data.


Kelebihan dan kekurangan

Advantages
  • telah menggunakan Android 4.0.3 ICS
  • processor menggunakan dual core
  • koneksi internet cepat dengan dukungan HSDPA+ atau 4G
  • virtual keyboard tidak ribet
  • daya tahan baterai lama

Disadvantages
  • kecepatan olah data kurang, apalagi saat multitasking untuk banyak aplikasi dan memasang live wallpaper
  • kamera tidak ada LED flash light dan autofocus
  • resolusi layar termasuk kecil

Spesifikasi / Detil
[ProductPage [Component id = 0]] 3.10.19